Sunday, July 20, 2008

Meningkatkan Kinerja Komputer Dengan Setting Virtual Memory

Virtual memory atau disebut juga memori virtual adalah ram tambahan yang diambil dari hardisk yang berfungsi membantu kinerja dari RAM apabila data yang dikelola oleh ram melebihi kapasitasnya, pada saat kita menjalankan suatu program dan program tersebut melakukan proses pengolahan data maka data yang diolah akan mengalir ke Ram. Kinerja komputer kita akan turun secara drastis ketika komputer sedag loading dan menjalankan aplikasi serta file data dengan ukuran lebih besar daripada memory yang kita pasang dalam sistem komputer kita, ketika data yang diolah komputer lebih besar dari Ram yang dimiliki maka komputer akan menyimpan data tersebut ke dalam hardisk dalam bentuk file swap (paging file) yang lebih lamban di akses.

Itulah sebabnya jika kita menambah (upgrade) RAM komputer maka akan mengangkat kinerja sistem komputer kita. Memori memang mahal, nah selagi anda menabung untuk membeli memory sekaligus tetap meningkatkan kinerja sistem maka aturlah setting virtual memory Komputer.

Untuk menemukan setting memory virtual klik kaan My Computer-pilih propertise dan tekan tab Advanced – Klik tombol setting pada pilihan performance. Pilih tab advanced lagi dari performance option pada pilihan virtual memory klik change masukkan nilai yang sama pada kotak minimum dan maksimum direkomendasikan mengisi 2 atau 3 kali lipat dari ukuran RAM yang terpasang di komputer klik oke kemudian restart komputer dan lihat perubahannya.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment